Tahun Baru : Jangan hanya Beresolusi, Prestasi butuh Proses



Oleh : Drs. KH. Ah. Adib Al Arif, M.Ag
Disampaikan dalam Editorial SPEKTRA JANUARI 2012


 Tahun 2012 telah kita masuki. Banyak prediksi disampaikan oleh orang-orang yang suka bicara. Ada yang meramal begini, begitu dan sebagainya. Namun sebagai orang beriman, kita tak boleh percaya begitu saja. Kita mesti lebih percaya kepada Dzat yang menciptakan masa dan tahun itu sendiri.

   Manusia tak satupun yang tahu apa yang akan terjadi besok, termasuk Rasulullah SAW. Apalagi orang-orang yang hanya mengandalkan bisikan-bisikan yang tak bisa dipercaya. Banyak sekali ayat Al Qur'an dan Hadits Rasul yang mendorong kita supaya banyak berkarya positif untuk mendapatkan hasil yang positif pula.

  Potensi kerugian pada manusia merupakan hal umum. Hanya ada sebagian kecil manusia yang tidak merugi, yaitu mereka yang beriman, berbuat kebaikan serta saling menasehati dengan kebenaran dan kesabaran (QS Al 'Ashr 1-3). Menilik ayat-ayat tersebut, maka keberuntungan dan kerugian lebih banyak ditentukan oleh karya manusia itu sendiri. Proses berkarya inilah yang menjadi nilai bagi manusia. Hasil dan prestasi hendaknya tidak menjadi sesuatu yang sangat penting dibanding proses. Melakukan proses adalah kewajiban manusia, sedangkan hasil hanyalah ekses dari adanya proses. Itupun tidak bisa dipastikan, karena yang menentukan hasil adalah hak prerogative Allah SWT.
Maka, hanya ada satu kata yang paling tepat untuk menyambut tahun 2012. BERBUATLAH… !

0 komentar:

Posting Komentar

Mari silaturahim
Mari menyapa

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons